Pelatihan Caregiver dalam Perawatan Jangka Panjang Lanjut Usia

Image

Kemranjen, 21 September 2022 PELATIHAN Caregiver DALAM PERAWATAN JANGKA PANJANG (PJP) LANJUT USIA

Pelatihan PJP Bagi Lansia Kepada Caregiver Informal di Tingkat Masyarakat diberikan kepada keluarga/kader/relawan perlu diberikan bekal pengetahuan dan keterampilan tentang perawatan bagi lansia. Jumlah Peserta berjumlah 32 orang dengan tiap desa mengirimkan 4 (empat) orang Calon Caregiver informal dan Pengamat kelanjutusiaan  dari Kader Posyandu Lansia.  Jumlah Peserta berjumlah 8 orang dengan tiap desa mengirimkan 1 (satu) orang. Jumlah Total peserta hadir sebanyak 38 orang, 2 orang tidak hadir karena berhalangan. 

Adapun TIM yang terlibat adalah tenaga profesional : 1. dr. RIANI DEWI ARIYANTI 2. FAAZA ROHMA FATHIA, S.Tr.Keb., Bdn. 3. DWI WAHYUNI PARASWATI, AMK, 4. HERIANTO,AMK, 5.WARYATI, A.Md.Gz,. dan YUNARI WIDHIASTUTY, S.Kep, Ners. Kegiatan dilaksanakan di Aula Puskesmas Kemranjen I. 

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan :

  1. Pemahaman kepada Caregiver Informal tentang tujuan manfaat, sasaran, peran caregiver, mekanisme pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi serta pencatatan dan pelaporan dalam pelaksanaan PJP bagi lansia.
  2. Peningkatan kompetensi dalam pemberian asuhan/ bantuan kepada lansia yang memerlukan PJP

Masalah kesehatan tersebut dapat menyebabkan ketidakmampuan lansia dalam melakukan kegiatan dan memenuhi kebutuhan sehari-hari, sehingga membutuhkan pendampingan/ bantuan orang lain dalam jangka waktu lama atau Perawatan Jangka Panjang (PJP). Pendamping atau pemberi asuhan/ bantuan dimaksud disebut caregiver. Caregiver yang merupakan anggota keluarga/ kader/ relawan disebut caregiver informal.

Pada pelaksanaan PJP, caregiver mempunyai peran yang sangat penting dalam mendampingi dan membantu lansia untuk menjalankan aktivitas kehidupan sehari-hari. Karena itu caregiver perlu memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam melakukan perawatan pada lansia, agar kebutuhannya dapat terpenuhi, mencegah terjadinya komplikasi, serta mempertahankan kualitas hidup lansia yang optimal.

Sayangi Keluarga Anda, bantulah mereka agar lebih bermatabat...
(bu wiwi)

.

Komentar